Posisi
Home > Berita > Rapat Koordinasi TKPKD dan Pencanangan “Gerbang Kawentar”

Rapat Koordinasi TKPKD dan Pencanangan “Gerbang Kawentar”

Bappeda Kabupaten Blitar sebagai Sekretariat TKPKD Kabupaten telah menggelar Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Blitar pada Selasa 27 September 2016 bertempat di Hotel Gita Puri dengan narasumber dari  Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan Bappeda Provinsi Jawa Timur yang dibuka oleh Wakil Bupati Marhaenis U.W. didampingi oleh Plt. Kepala Bappeda Eko Susanto, S.T., M.Si.

Rakor tersebut dihadiri oleh Kepala BPS Kabupaten Blitar, beberapa kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar selaku anggota TKPKD, serta perwakilan dari Bank Jatim, BPJS, PT. Pos Indonesia, PLN, Relawan dari Tim Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Fasilitator P2KKP.

Rapat lintas sektoral pengampu program pro poor atau program yang mengutamakan keberpihakan pada kaum tidak mampu ini merupakan rapat skala besar pertama pasca diterimanya Pemutakhiran Basis Data Terpadu 2015 dari TNP2K. Basis Data Terpadu 2015 merupakan sistem data elektronik yang memuat informasi sosial, ekonomi, dan demografi dari sekitar 24,5 juta rumah tangga atau 96 juta individu dengan status kesejahteraan terendah di Indonesia. Sumber utama Basis Data Terpadu adalah hasil kegiatan Pendataan Program Perlindungan Sosial yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Juli – Desember 2011 (PPLS 2011).

Basis Data Terpadu digunakan untuk memperbaiki kualitas penetapan sasaran program-program perlindungan sosial. Basis Data Terpadu membantu perencanaan program, memperbaiki penggunaan anggaran dan sumber daya program perlindungan sosial. Dengan menggunakan data dari Basis Data Terpadu, jumlah dan sasaran penerima manfaat program dapat dianalisis sejak awal perencanaan program. Hal ini akan membantu mengurangi kesalahan dalam penetapan sasaran program perlindungan sosial khususnya di Kabupaten Blitar.

Selain penyerahan PBDT 2015 dari TNP2K kepada Kabupaten Blitar, juga diserahkan LP2KD (Laporan Program Penanggulangan Kemiskinan Daerah) dari TKPKD kepada Bappeda Provinsi Jawa Timur dan juga TNP2K. LP2KD tersebut memuat laporan kegiatan dan anggaran penanggulangan kemiskinan selama setahun yang telah dilakukan oleh seluruh instansi pengampu penanggulangan kemiskinan.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai bentuk sinergitas semua unsur baik Pemerintah Kabupaten Blitar, perusahaan, instansi vertikal dan seluruh lapisan masyarakat dalam peran sertanya untuk mengurangi angka kemiskinan, Wakil Bupati Blitar selaku Ketua TKPKD mencanagkan suatu gerakan yang diberi nama GERAKAN BERSAMA PENANGGULANGAN KEMISKINAN BAGI WARGA KABUPATEN BLITAR atau yang disingkat “GERBANG KAWENTAR”. Wakil Bupati Blitar berharap besar  untuk dapatnya menjadi jargon dan memberikan semangat kekompakan dalam pengentasan kemiskinan secara terpadu di Kabupaten Blitar.

PL
Top